oleh

*12 Peserta Penerimaan Bakomsus Perawat dan Bidan Polri TA 2020 Polda Sulsel Ikut Tes Psikologi Tahap I *

-Berita-172 views

TOPTERKINI.COM.MAKASSAR – SULSEL, Biro SDM Polda Sulsel gelar Pemeriksaan Psikologi terhadap Peserta Bakomsus Perawat dan Bidan Polri T.A. 2020 di Lantai 4 Mapolda Sulsel tepatnya di Aula Bagpsikologi Biro SDM Polda Sulsel hari ini.

Loading...

Hal tersebut dibenarkan oleh Ketua Pelaksana Penerimaan Bakomsus Perawat dan Bidan Polri T.A. 2020 Kombes Pol Anang Pudjijanto, S.I.K., M.Si. Saat dikonfirmasi oleh wartawan di tengah-tengah pelaksanaan pemeriksaan Psikologi.

Hari ini Tahapan tes pemeriksaan Psikologi tahap I kita laksanakan sesuai jadwal yang ditentukan oleh Panitia Pusat dengan peserta sebanyak 12 orang yg terdiri dari 11 orang dari jalur Bintara Perawat dan 1 orang jalur Bintara Bidan.

Dalam pelaksanaannya kami tetap mengacu pada Surat Kapolri Nomor : B/2297/IV/DIK.2.1./2020/SSDM tanggal 6 April 2020 perihal petunjuk dan arahan dalam pelaksanaan seleksi rekrutmen Bakomsus Perawat dan Bidan Polri T.A. 2020. Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa tata cara pengujian yang disesuaikan dengan keadaan atau situasi Wabah Virus Vorona (COVID-19), maka dari itu kami selaku Panitia Daerah Mencegahan dan meminimalisir penyebaran Virus Corona (COVID-19) dengan cara melakukan penyemprotan disinfektan yang dilakukan oleh tim disinfeksi Biddokkes Polda Sulsel terhadap ruangan yang akan digunakan tes Psikologi.

Penyemprotan tersebut dilaksanakan sehari sebelum yaitu kemarin hari minggu tanggal 19 April 2020. Kemudian hari ini tim kami dari sekretariat panitia menyiapkan cairan antiseptic, hand sanitizer dan sabun di tempat cuci tangan dekat pintu masuk ruangan tes serta dilakukan pengukuran suhu badan sebelum masuk ruangan tes. jarak tempat duduk peserta minimal 1,5 meter (psychal distancing).

Pelaksanaannya di awali dengan apel pengecekan peserta oleh Tim Sekretariat dan tetap memperhatikan jarak minimal 1,5 meter (psychal distancing) antara peserta dengan peserta, panitia dengan peserta kemudian dua orang perwakilan peserta untuk menyaksikan brangkas dibuka oleh Pengawas dari Internal dan eksternal yang berisi nomor coding. Tim sekretariat melakukan pergantian nomor ujian peserta dengan nomor coding (nomor rahasia) selanjunya Tim Sekretariat menyerahkan peserta ke tim Psikologi untuk dilakukan ujian.

Dirnarkoba Polda Sulsel Kombes Pol Hermawan, S.I.K., M.M. selaku Ketua tim Psikologi menjelaskan bahwa pemeriksaan psikologi tahap I tetap berpedoman pada Peratutan Asisten Kapolri Bidang SDM Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Tes Psikologi Calon Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Sebelum tes dimulai, Auditor IT dari Unhas Makassar selaku pengawas Eksternal bagian IT akan mengecek perangkat laptop dan scanner yg akan kami gunakan dalam pengolahan hasil ujian peserta kemudian kami menunggu pendistribusian Soal dari Panitia Pusat. Setelah soal didistribusikan, kami memanggil perwakilan dari peserta, pengawas internal dan eksternal untuk menyaksikan dan mendengarkan langsung pengiriman password soal yang dari panitia pusan melalui via telpon di depan seluruh peserta. Setelah itu soal digandakan sesuai jumlah peserta selanjutnya peserta mulai mengerjakan ujian sesuai waktu yg ditentukan.

Kabagpsikologi Biro SDM polda Sulsel AKBP Dwitondo Widodo, S.Psi., Psikolog selaku Panitia Tim Psikologi menjelaskan secara teknis bahwa sistem pelaksanaan tes psikologi ini diterapkan one day service jadi hasilnya ditayangkan langsung setelah tes selesai, kami akan melakukan scanner terhadap lembar jawaban kemudian mengirimkan hasilnya ke Biro Psikologi SSDM Polri selaku panitia pusat, setelah hasil diterima di panitia pusat barulah tim kami meminta kunci jawaban ke panitia pusat untuk dilakukan pengolahan hasil dari jawaban peserta. Pengolahan sampai nilai ujian ditayangkan langsung didepan seluruh peserta kemudian masing-masing peserta menandatangani hasil yang diperoleh.

Hasil/Nilai Peserta dari pemeriksaan psikologi tersebut langsung dikirim ke Biro Psikologi SSDM Polri selaku panitia Psikologi tingkat pusat. File hasil Psikologi tersebut dimasukkan ke brangkas dalam keadaan tersegel dan brangkas dikunci oleh pengawas internal dan eksternal kemudian disimpan ke ruang Bidpropam.

Selanjutnya 12 peserta Bakomsus Perawat dan Bidan Polri T.A. 2020 Polda Sulsel akan mengikuti Sidang Kelulusan Menuju Rikkes Tahap II yang alan digelar pada hari Rabu tanggal 22 April 2020. Pungkas Kombes Pol Anang Senin(20/04/2020)

Komentar

News Feed