oleh

Berdalih Jual Baju Oknum PPK Potong Honor KPPS Pemilu 2019

Topterkini.com | Jeneponto – KPPS pusing honor Pemilu Serentak 2019 baru -baru ini sebesar Rp 550 ribu untuk ketua. Sedangkan anggota Rp 500 ribu tapi kenyataanya tak sesuai fakta dilapangan. Jumat ( 25/4/2019)

Sesuai surat Menteri Keuangan (Menkeu) Nomor S-118/MK.02/2016 tentang Penetapan Standar Biaya Honorarium Tahapan Pemilu Anggota DPR, DPD, DPRD, Presiden, dan Wakil Presiden, serta Tahapan Pemilihan Gubernur/Bupati/Wali Kota Serentak.

Loading...

Dari 7 Desa Kecamatan Arungkeke dengan jumlah TPS 64 ditemukan adanya pemotongan gaji honor anggota KPPS

PPK Kec. Arungkeke Kab. Jeneponto

Salah satu anggota KPPS yang ada di Tunrung Gandrang, Desa Arungkeke mengaku dipotong Gajinya.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Abd Muin Salim tidak tahu menahu adanya pemotongan gaji honor para anggota KPPS ditingkat Desa/Kelurahan yang ada di Kecamatan Arungkeke.

“Saya juga tidak tau karna bendahara itu langsung memberikan dananya semua kebendahara PPS, Jadi PPK tidak tahu menahu tentang pengadaan baju dan pemotongan honor” singkatnya
melalui pesan WhatsApp

Sekretaris Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Alamsyah saat ditemui dikantornya, Jumat, 26, April, 2019 mengatakan, bahwa pemotongan gaji honor anggota KPPS pun tidak tahu menahu namun, informasi yang didapat bahwa salah satu oknum anggota PPK memanfaatkan kegiatan ini dengan cara melakukan pengadaan atau pun menjual baju untuk para anggota TPS dan KPPS.

” Ada oknum anggota PPK yang memanfaatkan kegiatan ini dengan melakukan pengadaan baju baik itu anggota TPS atau pun Anggota KPPS, kalau ada pemotongan gaji ditingkat KPPS mungkin ada permainan di TPS, karena besaran dana yang dikucurkan oleh KPU Jeneponto saya juga tidak tahu berapa anggaranya karena yang berhubungan langsung bendahara PPK Kecamatan” ucapnya

Misbahuddin Bendahara PPK Kecamatan Arungkeke menjelaskan, bahwanya dana yang diterima dari KPU Jeneponto Rp.40072 Juta dan ada pemotongan pajak 5%

” Kami terima anggaran sebesar Rp. 40072 Juta dari KPU Jeneponto. Namun dipotong pajak sebesar 5 %,.Bagi golongan IV (PNS) yang menjadi anggota PPS maupun KPPS dipotong 15% sedangkan non PNS 5 %, kalau masalah pemotongan gaji honor karena membeli baju, itu diluar tanggung jawab saya.Dana Penyelenggara Pemilu tingkat Desa/Kelurahan diterima langsung bendahara PPS” terang Misbah (**)

Komentar

News Feed