oleh

Literasi Media dan Dongeng Sangat Penting Bagi Anak-anak

TOPTERKINI.COM | JENEPONTO – Bertempat di Taman Anak Lalu Lintas berlangsung kegiatan ” Geliat Literasi”. Kamis 18/7/2019 pukul 16.00 wita sd 17.30 wita

Kegiatan baru pertama kali digagas oleh Pegiat Pustaka Turatea dan Polres Jeneponto. Kegiatan ini terbuka untuk umum dan untuk semua kalangan.

Loading...

Adapun kegiatan ini digagas adalah sebagai bentuk kepedulian Polres Jeneponto dan beberapa komunitas terhadap menurunnya minat baca, minat menulis dan mendongeng generasi “zaman now”.

Pentingnya mendongeng bagi tumbuh kembang anak-anak ini yang perlu digelorakan kembali.

Lewat dongeng pula, anak-anak bisa mengambil nilai-nilai kehidupan dari cerita yang disajikan. Nah, melihat pentingnya dongeng untuk mendukung tumbuh kembang anak.

Bapak SULTAN JOYO NEGORO selaku pimpinan Sulo Pustaka Turatea mengatakan “Belum biasa, tak memiliki bahan, dan ketidak percayaan diri” Jadi 3 alasan utama yang kerap disebut-sebut sebagai faktor penghambat, kenapa sampai sekarang bunda belum berani mendongeng pada anak di rumah”

Di tengah terpaan teknologi seperti sekarang, kegiatan mendongeng sudah semakin jarang dilakukan. Pada hal dongeng merupakan cara sederhana mengenalkan pentingnya budaya membaca pada anak-anak.

Mengingat sudah banyak anak yang bermain pada ranah digital dan menjadi bentuk keprihatinan tersendiri bagi pemangku kepentingan daerah.

Sedangkan untuk durasi ideal mendongeng, dianjurkan sebaiknya disesuaikan dengan usia anak. Anak usia dini, sebaiknya paling lama didongengkan selama tujuh menit. Ketika sudah SD barulah durasinya bisa ditambah sampai setengah jam. sambung dia,

Kasubag Humas AKP Syahrul,SH menambahkan “Idealnya dongeng nggak perlu durasinya lama atau sebentar, yang terpenting berkelanjutan Waktunya, bisa kapan saja asal dalam kondisi tidak bermain”

“Kegiatan ‘bermain membaca’ kita kemas dan ditata agar anak-anak mengembangkan kemampuan membaca mereka tanpa mengubah jiwa bermain mereka. Untuk memunculkan kreativitas, mereka kita arahkan bisa saling bantu, berdiskusi, dan mengajukan pertanyaan. Ini untuk melatih sikap kerja sama anak-anak,” Ungkap Kasubag Humas Polres Jeneponto. (**)

Komentar

News Feed