oleh

Saling Tunjukan Power Gubernur Sulsel Dan Wagub Kisruh

TOPTERKINI.COM | MAKASSAR – Saling adu Kekuasaan antara Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah dan Wakilnya, Sudriman Sulaiman dalam pelantikan pejabat eselon di jajaran Pemprov Sulsel kian memanas.

Kabar terakhir, Kemendagri harus turun tangan untuk melakukan klarifikasi langsung di ruangan kerja Sudirman Sulaiman, usai Surat Keputusan (SK) 193 pejabat eselon yang diangkatnya disoal dan dibatalkan Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, lantaran dinilai cacat prosedur dan tak sesuai aturan.

Loading...

Kisruh yang meluas tersebut akhirnya dikomentari para anggota Legislatif, salah satunya dari Fraksi NasDem, Syaharuddin Alrif.

Menurut Syahar, hal ini merupakan insiden buruk bagi kepemimpinan keduanya, terlebih Kemendagri harus turun tangan melakukan evaluasi.

“Kemendagri menganggap ini ada hal yang salah, makanya mereka turun melakukan evaluasi terhadap mutasi yang dilakukan oleh Wagub. Makanya kami meminta kepada pihak eksekutif, dalam hal ini gubernur dan wakil gubernur agar tidak terjadi hal seperti ini lagi,” ungkap Syahar di Kantor DPRD Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, Rabu (8/5/2019).

“Ini preseden buruk terhadap kepemimpinan mereka berdua. Malu kita sebagai warga Sulsel kalau begini kondisinya.

Periode-periode sebelumnya hal seperti ini tak pernah terjadi. Ini pertama kalinya terjadi di Sulsel. Makanya ini tamparan keras dan kami berharap tak terjadi lagi hal demikian,” tambahnya.

Jika ada permasalahan komunikasi antara gubernur dan wakil gubernur, kata Syahar, alangkah baiknya keduanya bisa duduk bersama demi kepentingan masyarakat Sulsel kedepannya.

“Kalaupun ada sesuatu apa susahnya dibicarakan baik-baik. Ini cacat administrasi. Apa susahnya duduk bersama untuk menyelesaikan masalah seperti ini. Kepada BKD dan OPD yang terkait dengan ini, jangan sekadar asal memberi masukan asal bapak senang. Padahal mereka tahu ini (mutasi dan pengangkatan pejabat oleh Wagub) salah,” pungkas Syahar.

Sekadar diketahui, sebelumnya Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman melantik 193 pejabat pada Senin, 29 April lalu. Dalam SK pengangkatan 193 pejabat tersebut Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman bertindak selaku pemberi mandat dan memberikan bubuhan tanda tangannya. (***)

Komentar

News Feed